Alumni Elektro ITN Malang Beri Apresiasi pada Mahasiswa Juara 3 NESCO UGM 2024

Ketua IKA Elektro ITN Malang, Heru Herlambang ST., (memegang plakat) bersama Tim Manka Teknik Listrik D-3 ITN Malang, dan para dosen. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Ikatan Alumni (IKA) Elektro Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) memberi penghargaan kepada tiga mahasiswa Teknik Listrik D-3 ITN Malang. Penghargaan tersebut sebagai apresiasi atas prestasi mahasiswa yang berhasil menyabet Juara 3 NESCO Paper Competition 2024 UGM, di Kampus UGM.

Ketiga mahasiswa tersebut tergabung dalam Tim Manka. Beranggotakan Mochammad Ilham Fakhri (angkatan 2021), Farid Agus Afandi (angkatan 2022), Nabilla Anggreny Putri (angkatan 2022). Di bawah bimbingan Dr. Ir. Widodo Pudji Muljanto, MT., mereka masuk final bersama Institut Teknologi PLN (2 tim, satu tim menjadi juara 1), Institut Teknologi Bandung (meraih juara 2), Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Kaprodi Teknik Listrik D-3, ITN Malang, Ir. Eko Nurcahyo, MT., mengapresiasi reward yang diberikan alumni kepada mahasiswa. Ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa kebersamaan yang semakin erat antara alumni dan sivitas akademika ITN Malang. Eko juga berharap kedepannya dari alumni akan memunculkan ide-ide baru yang membangun, terkini, spektakuler, dan fenomenal untuk ikut mengharumkan nama bangsa dan mengibarkan nama ITN Malang di forum nasional bahkan internasional.

“Kami mewakili institusi berterima kasih kepada alumni teknik elektro atas perhatian yang diberikan kepada adik-adik mahasiswa. Semoga kedepannya semua semakin bersinergi dan bekerja sama,” ujar Eko.

Eko berharap prestasi yang diraih Tim Manka bisa menginspirasi dan memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya. Khususnya kepada prodi dan mahasiswa teknik listrik dan teknik elektro untuk terus berperan aktif dalam berbagai kegiatan kompetisi. Sehingga dapat membentuk karakter yang kreatif, inovatif, dan menghasilkan karya-karya serta prestasi yang lebih baik.

Baca Juga : Beri Solusi Ketenagalistrikan, Mahasiswa ITN Malang Juara 3 NESCO Paper Competition 2024 UGM

“Teruslah semangat! Sebanyak apapun kita berusaha dan seberapa banyak kita berdoa, ketika hasil yang didapatkan belum sesuai dengan apa yang diinginkan jangan berkecil hati. Jadikan itu sebagai pelajaran, bukan hukuman,” serunya.

Ketua IKA Elektro ITN Malang, Heru Herlambang ST., yang datang bersama perwakilan pengurus IKA Elektro M Nasrudin Navi, ST., dan Heri Susilo, ST., mengungkapkan rasa bangganya. Dimana adik-adik mahasiswa Teknik Listrik ITN Malang telah membuktikan diri mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri, dan perguruan tinggi swasta lainnya di skala nasional.

Kaprodi Teknik Listrik D-3, ITN Malang, Ir. Eko Nurcahyo, MT., menerima piala Juara 3 NESCO UGM 2024 dari Tim Manka. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

“Kami merasa bangga dan terharu atas perjuangan dan pencapaian adik-adik dalam kompetisi ini. Waktu dan tenaga mereka curahkan demi nama baik ITN Malang. Award yang kami berikan tidak sebanding dengan perjuangan mereka,” ujar Heru saat memberikan penghargaan secara simbolis di Amphi Elektro Kampus 2 ITN Malang, Rabu (22/05/2024).

Menurut Heru, pengalaman yang didapat saat mengikuti kompetisi tentu akan berguna ketika kelak mahasiswa lulus dan masuk dunia industri. Pasalnya mahasiswa dalam kompetisi dihadapkan pada tantangan problem solving.

“Kami harapkan adik-adik mahasiswa kedepannya semakin semangat dalam berkarya, berinovasi, dan giat mengikuti berbagai lomba agar terbina jiwa kompetisi. Jiwa kompetisi dan pantang menyerah ini kelak sangat berguna ketika masuk ke dunia kerja,” imbuh alumnus angkatan 1992 ini.

Dalam momen tersebut secara simbolis juga dilakukan penyerahan piala hasil kejuaraan dari Tim Manka kepada Kaprodi Teknik Listrik D-3 ITN Malang, Ir. Eko Nurcahyo, MT. Turut hadir pula Wakil Dekan 2 ITN Malang Suryo Adi Wibowo, ST., MT, pembimbing Tim Manka Dr. Ir. Widodo Pudji Muljanto, sekaligus dosen Teknik Elektro bersama MT., Ir. Choirul Saleh, MT., dan Sekretaris Program Studi Teknik Listrik D-3 Bima Romadhon Parada Dian Palevi, ST., MT.

NESCO 2024 merupakan sebuah kompetisi tingkat nasional. Diadakan oleh Badan Semi Otonom (BSO) Magatrika (Mahasiswa Ketenagalistrikan), yang berada di bawah arahan Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (KMTETI FT UGM). Fokus kompetisi adalah pada permasalahan dalam bidang ketenagalistrikan dan sistem tenaga.

Acara NESCO 2024 dikemas dengan empat rangkaian kegiatan. Antara lain: Seminar Nasional: Indonesia’s Adaptive Electrical Ecosystem by Integrating Clean Energy Resilience through E-mobility, paper competition, innovation challenge, dan poster competition.

Baca juga : Bantu Atasi Irigasi Pertanian Mahasiswa Teknik Elektro ITN Malang Buat Pembangkit Hybrid PLTS dan PLTB Berbasis IoT

Tim Manka berpartisipasi dalam kategori paper competition, yang menekankan kemampuan problem solving untuk merumuskan dan menemukan solusi terhadap permasalahan dalam bidang ketenagalistrikan dan power system. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

en_USEnglish