Kerangka Dasar Kurikulum

Kerangka Dasar Kurikulum

Kurikulum merupakan kerangka acuan bagi pengelola, dosen dan mahasiswa dalam menjalankan tugas sesuai dengan peran masing-masing.

Kerangkan dasar kurikulum ini mengacu pada :

  1. SK083/U/1983, persentase teori : praktek untuk program diploma tiga (dengan rentang 40% teori : 60% praktek).
  2. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  3. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Perlunya pemahaman bagian akhir dari KepMen dalam kaitannya dengan Kurikulum Nasional
  4. SK Dirjen Dikti No. 38/Dikti/Kep/2002, Rambu-rambu pelaksanaan Matakuliah MPK.
  5. Undang-undang RI Nomor 12 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  6. Undang-undang Pendidikan Tinggi nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  7. Peraturan Presiden nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  8. Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 163/DIKTI/Kep/2007 tentang Penataan dan Kodefikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi.
  9. STATUTA Institut Teknologi Nasional Malang tahun 2012-2017.
  10. Keputusan Rektor nomor: ITN-04.091/I.REK/ 2013 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum 2014-2019.

Secara diagramatis, kerangka dasar penyusunan kurikulum tersebut digambarkan sebagai berikut :

listrik