Dosen Teknologi Listrik D-3 ITN Malang, Sukses Membangun Energi Mandiri untuk Petani Bunga Krisan

WhatsApp Image 2018-09-04 at 08.14.40_PLTS

Energi listrik merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan masyarakat, Energi listrik dewasa ini tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan  hidup secara umum (suplai penerangan rumah dan suplai peralatan listrik) namun sudah merambah pada dunia pertanian diantaranya sebagai suplai tambahan untuk penerangan budidaya Bunga Krisan.

Suplay tambahan dimaksudkan untuk menambah panjang hari siang rata-rata yang kurang dari 12 jam (daerah tropis) dengan memberikan penerangan selama 2-3 jam agar tidak terjadi inisiasi (fase generatif) lebih awal sebelum mencapai fase fegetatif yang diinginkan.

Kegiatan yang diketuai oleh Dosen Teknologi Listrik D-3 ITN Malang Bapak Lauhil Mahfudz Hayusman dan dibantu oleh beberapa Mahasiswa Teknik Listrik D-3 mencoba menerapkan teknologi panel surya sebagai sumber penerangan tambahan bunga krisan dan merevitalisasi instalasi green house di salah satu petani Bunga Krisan Desa Blarang Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan.

Pembangkit listrik tenga surya yang diberikan mampu melayani 39 titik lampu dengan beban total sebesar 620 Watt selama 3 jam yang dilengkapi sistem ATS (Automatic Transfer Switch) dan timer  yang digunakan untuk mempermudah pengoperasian. Disamping itu, dilakukan revitalisasi instalasi kelistrikan green house agar memenuhi standar dan penambahan reflektor disetiap titik lampu agar pencahayaan bisa maksimal.

WhatsApp Image 2018-09-04 at 12.27.54

Proses perakitan switching otomatasi (PLTS-PLN)

WhatsApp Image 2018-09-04 at 08.14.40_PLTS

Proses pemasangan panel surya di rumah petani bunga krisan